Scroll untuk baca artikel
Jasa Website
TNI-AL

Sang Legenda KRI Dewaruci dan KRI Makassar-590 membawa Taruna AAL Tingkat II Angkatan Ke-71 Berlabuh di Banjarmasin

Admin Redaksi
7
×

Sang Legenda KRI Dewaruci dan KRI Makassar-590 membawa Taruna AAL Tingkat II Angkatan Ke-71 Berlabuh di Banjarmasin

Sebarkan artikel ini
15 / 100

NasionalismeNews.com,TNI AL Banjarmasin,- Kedatangan dua Kapal Perang ini dalam rangka meningkatkan keterampilan dan profesionalitas sebagai calon Perwira TNI Angkatan Laut, Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat II Angkatan Ke-71 melaksanakan Latihan Praktek Pelayaran Jalasesya Tahun 2023 bagi Korps Pelaut, Teknik, Elektronika, dan Suplai, Rabu (15/11/2023).

Kedatangan KRI Dewaruci dan KRI Makassar-590 disambut oleh Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor, Ketua DPRD Kalsel H. Supian HK, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan S.H., Danrem 101/ Antasari Brigjen Ari Aryanto, Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Rosyanto Yudha Hermawan, S.H., S.I.K., M.H. Kabinda Kalsel Brigjen Pol Nurrallah, S.H., M.H., Danlanud Syamsudin Noor Kolonel Pnb Vincentius Endy H.P, M.Han., serta Forkopimda Provinsi Kalsel dan tamu undangan lain.

Pesan Gubernur Kalsel kepada Taruna/Taruni AAL dalam melaksanakan Latihan Praktek Jalasesya dapat menjalaninya dengan penuh semangat juang, disiplin dan kekompakan.

“Tunjukkan semangat pantang menyerah dan jiwa korsa yang menggebu-gebu demi memperkuat diri menjadi prajurit TNI AL yang tangguh,” ujarnya.

Taruna/Taruni AAL Tingkat II Angkatan ke-71 melaksanakan Latihan Praktek Jalasesya di Kalsel selama tiga hari terhitung pada 15 hingga 17 dan kembali bertolak ke tujuan berikutnya, yaitu Banyuwangi pada 18 Nopember 2023 mendatang.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Agus Setyawan mengatakan para Taruna AAL tidak hanya melaksanakan latihan praktek, tetapi juga kegiatan sosial di lingkungan masyarakat, yakni kunjungan dan sosialisasi ke sekolah-sekolah, kunjungan ke makam pahlawan dan situs bersejarah, bakti sosial bersih-bersih lingkungan dan sungai, dan berbagai rangkaian kegiatan lain.

Komandan KRI Makassar 590 Letkol Laut (P) Arief Kurniawan Hartanto menyebutkan kegiatan pelayaran untuk mendukung peningkatan kemampuan kecabangan Taruna AAL melalui latihan praktek dan kegiatan sosial di lingkungan masyarakat.

Komandan KRI Dewaruci Letkol Laut (P) Sugeng Hariyanto, juga menyatakan “Warga Banjarmasin dapat menikmati momen bersejarah ini dengan berswafoto dan melihat langsung keindahan kapal legendaris ini.”

Latihan praktek Jalasesya ini merupakan latihan praktek bagi Taruna AAL Tingkat ll yang sudah terprogram sesuai Proladik AAL, dengan tujuan agar para Taruna tingkat II mengetahui kegiatan dasar bernavigasi dalam pelayaran, kehidupan dinas dalam kapal baik pada saat sandar maupun berlayar, serta memahami peran fungsi, dan tanggung jawab setiap departemen di kapal perang.

Dalam kegiatan tersebut, para taruna akan melaksanakan Courtesy Call atau kunjungan kehormatan ke beberapa Pejabat Forkopimda.

Selain sebagai sarana latihan praktek latihan Jalasesya juga sekaligus sebagai media promosi ke daerah-daerah yang disinggahi, terutama pada sekolah-sekolah di Tingkat SLTA, di Banjarmasin dan Banjarbaru. Hal ini bertujuan bisa menunjukkan kepada masyarakat dan putra daerah setempat tentang keberadaan TNI AL, khususnya AAL, yang senantiasa ikut berperan aktif dalam menyelenggarakan pendidikan bagi calon perwira TNI AL dimasa yang akan datang, sehingga diharapkan akan memberikan kesan positif, yang pada akhirnya akan tertarik untuk menjadi Taruna AAL.

Poin lain untuk menarik minat masyarakat terutama generasi muda masyarakat Banjarmasin dan sekitarnya diberikan kesempatan untuk melihat secara dekat dan memperbolehkan untuk menaiki KRI Dewaruci. Kegiatan Open Ship dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WITA, dari tanggal 15 hingga tanggal 18 November 2023.

(Pen Lanal Banjarmasin)

Jasa Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *