Scroll untuk baca artikel
Jasa Website
BERITA UTAMANASIONAL

Resmi diBuka Pameran Industri Kecantikan Terbesar, Cosmo Beauty Indonesia 2023

Admin Redaksi
75
×

Resmi diBuka Pameran Industri Kecantikan Terbesar, Cosmo Beauty Indonesia 2023

Sebarkan artikel ini
5 / 100

NasionalismeNews.com,Jakarta – Pameran terbesar industri kecantikan di Indonesia, Cosmobeaute Indonesia, kembali digelar pada 12 – 14 Oktober 2023 di Hall A&B, Jakarta Convention Center. Pameran yang digelar untuk ke-16 kalinya ini konsisten menghadirkan inovasi kecantikan terbaru dan mempertemukan para pelaku bisnis kecantikan dari Indonesia dan mancanegara.

Dengan mengusung tema “Zero Waste Beauty”, Cosmobeaute Indonesia 2023 mengajak industri kecantikan secara aktif menghadirkan solusi yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

“Sebagai pameran kecantikan terbesar di Indonesia menjadikan Cosmobeaute Indonesia benchmark dari perkembangan industri kecantikan Indonesia. Konsekuensinya kami bertanggung jawab untuk memberikan contoh yang baik tentang bagaimana perhelatan kecantikan sebaiknya digelar. Kami berkomitmen menjadikan Cosmobeaute Indonesia acara yang memiliki dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan yang sudah mulai tercemar seiring dengan terus meningkatnya industri kecantikan di Indonesia,” ujar Juanita Soerakoesoemah, Director PT Pamerindo Indonesia.

Cosmobeaute Indonesia ingin berperan penting dalam membantu industri kecantikan untuk meningkatkan dan menerapkan program sustainability. Sebagai implementasi, Pamerindo Indonesia menghubungkan seluruh pelaku industri dengan penyedia layanan pengelolaan limbah pameran. Tahun ini, Cosmobeaute Indonesia menjalin kerjasama dengan Ecoloop (PT Alton Waste Management) sebagai penyedia layanan pengelolaan limbah pameran dengan harapan menjadi langkah awal yang memiliki dampak besar bagi lingkungan.

Pengelolaan limbah pameran penting, mengingat Cosmobeaute Indonesia 2023 terus menerima lebih banyak peserta. Tahun ini lebih dari 250 perusahaan yang menampilkan 1.000 brand terbaik dari Amerika Serikat, Cina, India, Indonesia, Italia, Jepang, Korea, Malaysia, Perancis, Singapura, Taiwan, dan Uni Emirat Arab hadir dengan produk inovatif dan ramah lingkungan, serta kemajuan teknologi yang akan menjadi barometer tren industri kecantikan di Indonesia.

“Pada pameran tahun ini, beberapa peserta pameran menampilkan produk-produk yang ramah lingkungan, seperti kemasan yang bisa di daur ulang, pengunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan yang salah satunya menggunakan bahan dari tumbuh-tumbuhan atau saat ini dikenal dengan istilah vegan beauty cosmetic,” ujar Juanita.

Cosmobeaute Indonesia bekerjasama dengan laboratorium LPPOM MUI menyelenggarakan seminar bertema “A Vegan Beauty Cosmetics as a Trend of Sustainability Cosmetic Solution”. Kosmetik vegan adalah tren terbaru dalam industri kecantikan. Laboratorium LPPOM MUI menjadi laboratorium pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mampu menyediakan tes DNA untuk menguji kandungan hewani dalam klaim bebas hewani atau klaim vegan dalam produk kosmetik. Laboratorium LPPOM MUI akan menghadirkan alat pengujian bebas hewan untuk produk kosmetik di Cosmobeauté Indonesia, alat ini merupakan bagian penting dalam mendukung sertifikasi vegan.

Tahun ini, Cosmobeaute Indonesia merambah sektor baru dalam industri kecantikan dengan memperlihatkan kehadiran perusahaan yang fokus pada produk perawatan kulit dan suplemen kecantikan yang aman untuk ibu hamil. Dengan demikian Cosmobeaute Indonesia memperluas segmentasi pasar dan memberikan wawasan yang lebih luas kepada para pengunjung. Langkah ini akan membantu industri kecantikan menjadi lebih inklusif dengan mencakup berbagai segmen pasar yang berbeda, sehingga menciptakan kesempatan bagi perusahaan untuk berinovasi dan menghadirkan produk serta layanan yang sesuai dengan kebutuhan yang beragam dalam industri kecantikan.

Selain menampilkan inovasi kecantikan terbaru dan menyatukan para pelaku industri kecantikan di dalam dan luar negeri, Cosmobeauté Indonesia juga menghadirkan berbagai acara pendukung seperti seminar dan workshop yang akan menghadirkan para pembicara profesional dan pakar industri kecantikan. Beberapa acara pendukung penting lainnya yang juga digelar selama pameran berlangsung, antara lain Indonesia Beauty Icon Awards, Cosmobeaute Barber Battle, The Next Top Makeup Artist Indonesia 2023, Hair & Makeup Show, World Universal League of Permanent Make Up (WULOP), Cosmobeaute Indonesia PMU Congress & Competition, dan masih banyak lagi. Acara pendukung ini terbuka bagi para pengunjung guna memperkaya pengetahuan para pengunjung tentang tren terbaru dari industri kosmetik.

Sebagai pameran kecantikan terbesar di Indonesia, Cosmobeaute Indonesia dinantikan banyak pelaku industri kecantikan untuk menciptakan peluang bisnis dan berkolaborasi dengan semua pihak yang terkait di industri ini. Cosmobeauté Indonesia diharapkan dapat membuka peluang untuk memperkenalkan brand dari Indonesia sehingga bisa berpotensi meningkatkan nilai ekspor dan daya saing pengusaha lokal.

“Selama 16 tahun, Cosmobeauté Indonesia telah menjadi pameran B2B terbesar industri kecantikan di Indonesia. Kami berkomitmen kuat untuk menjadi platform terpercaya bagi para profesional, pelaku industri dan pemangku kepentingan dalam sektor estetika, kecantikan, kosmetik, rambut, kuku, spa, dan wellness. Kami terus menciptakan peluang bisnis tanpa batas bagi semua pihak yang terkait, dan kami berharap terus berkontribusi pada pertumbuhan positif industri kecantikan di Indonesia,” jelas Juanita Soerakoesoemah.

Memasuki fase endemi, sektor industri kecantikan di Indonesia cukup mengesankan. Secara rinci, segmen pasar terbesar adalah segmen perawatan diri dengan volume pasar sebesar US$ 3,18 miliar pada tahun 2022, disusul skin care sebesar US$ 2,05 miliar, kosmetik US$ 1,61 miliar, dan wewangian US$ 39 juta. Berdasarkan keterangan Perhimpunan Perusahaan dan Asosiasi Kosmetika Indonesia (PPA Kosmetika Indonesia), pertumbuhan jumlah industri kosmetika Indonesia mencapai 21,9%, yakni 913 perusahaan di tahun 2022 dan di pertengahan 2023 sebanyak 1.010 perusahaan.

Jasa Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *