Scroll untuk baca artikel
Jasa Website
DAERAH

Rapat Pemantapan Panitia Festival Budaya Pamona Tanah Luwu Sekaligus Tinjau Lokasi

Nasionalisme News
14
×

Rapat Pemantapan Panitia Festival Budaya Pamona Tanah Luwu Sekaligus Tinjau Lokasi

Sebarkan artikel ini
5 / 100

NasionalismeNews.Com, Luwu Timur – Mangkutana – Rapat pemantapan Panitia Festival Budaya Tanah Luwu dalam menyusun berbagai bentuk kegiatan di Gedung Balai Pertemuan Desa Teromu, sekaligus tinjau lokasi pelaksanaan di lapangan sepak bola Desa Teromu, Kecamatan Mangkutana, Luwu Timur. Minggu (17/09/23) pukul. 14.00 wita hingga pukul. 17.11 WITA.

Rapat Pemantapan Panitia Festival Budaya Pamona Tanah Luwu Sekaligus Tinjau Lokasi

Rapat yang dihadiri oleh panitia inti beserta para pemangku Adat, Lembaga Adat Lemba Pamona Luwu dari masing masing keterwakilan Desa dan Dusun yang mencakup wilayah Tanah Luwu Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Diberi tema oleh Ketua Umum (Tongko Ma Na I’ ) Lembaga Adat Lemba Pamona Luwu, Luter Mansur Baso Meringgi Sth, ” Pamona Luwu bangkit dengan spirit yang baru “.

Kepala Desa Teromu Berto Taruku Sp yang menyandang status sebagai Ketua Umum Panitia pelaksanaan Festival Budaya Tanah Luwu menghimbau, mengingat bahwa waktu pelaksanaan kegiatan sudah sangat singkat, agar seluruh panitia rapatkan barisan untuk selalu aktif menjalin komunikasi agar segala persiapan dalam mengatur kegiatan berjalan sesuai rencana.

Sekilas dalam pembahasan rapat, Ketua Umum (Tongko Ma Na l’ ) Luter Masur Baso Meringgi Sth sebutkan, bahwa dalam pelaksanaan pembukaan nantinya, akan diwarnai dengan konfoi karnaval budaya pamona tanah luwu yang bertitik disebuah cagar budaya, tempat pengambilan Api, yang terpasang pada obor Pekan Olahraga Wartawan Nasional 2 (PORWANAS ) yang terlaksana di Makassar sejak tahun 1985.

Api yang diambil saat itu, bersumber dari Alam di Koroncia Desa Teromu, Kecamatan Mangkutana yang Pada masa itu, Kepala Desa Teromu Masi di jabat oleh Tarima Mogadi dan Camat di jabat oleh Drs. Palabiran Kana sementara Ketua Panitia Lokal pengambilan Api PORWANAS 2 di Koroncia saat itu adalah Pdt. L.M.A.B.Meringgi. M.Th.

” Tempat pengambilan api alam tersebut masih dapat dikenal sebab ada batu peringatan yang di tanam ” terang L.M.A.B. Meringgi pada media.

Sampai saat ini bahwa lokasi tempat pengambilan Api tersebut tetap diabadikan menjadi muatan sejarah dan budaya sebagai spirit pembakar semangat untuk berkarya sebagai suku pemilik budaya dan anak bangsa dalam simbol kirab Api Pekan Olah Raga Wartawan Nasional 2 ( PORWANAS 2 ) di Makasar Provinsi Sulawesi Selatan.

Adapun berbagai bentuk tarian atau seni budaya pamona tanah luwu yang akan tampil dan dilombakan sebagai berikut ; Moende asli, Dero umum, lagu mars Lemba Pamona Luwu, pemilihan ongga bale pamona tanah luwu, kuliner tradisional pamona (pembuatan cucur dan i nuyu), Motaro klasik (asli), menyanyi solo tingkat anak, remaja dan dewasa. Lega Ntana ; Mo Ganci, Mo Loko, Mo Tete, Mo Tela.

Pagelaran seni budaya ; Karambangano, Geso Geso, Molaolita/Mendongeng, Mo Wamba/Mo Bolingoni, Torompio, Dingkula, Motaro Kreasi. (RS)

Jasa Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *