Scroll untuk baca artikel
Jasa Website
DAERAH

Musdes RKPDes, Kades Teromu Anggarkan Pembangunan Skala Prioritas

Nasionalisme News
10
×

Musdes RKPDes, Kades Teromu Anggarkan Pembangunan Skala Prioritas

Sebarkan artikel ini
5 / 100

NasionalismeNews.Com, Luwu Timur – Mangkutana – Musyawarah Desa (Musdes) tentang pembahasan usulan kegiatan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Desa Teromu Tahun Anggaran (TA) 2024 di Balai Pertemuan Kantor Desa Teromu. Kecamatan Mangkutana, Luwu Timur. Senin (11/09/23).

Turut dalam musyawara itu, Kepala Desa Teromu, Berto Taruku Sp, Para Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Sekertaris Desa (Sekdes), Tim penyusun RKPDes, Para staf Desa, Kaur dan Kasi, Kepala Dusun (Kadus).

RKP Desa merupakan sebuah Rencana Kerja Pemerintah Desa melalui penjabaran dari RPJM Desa (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa) untuk jangka waktu 1 (satu) tahun anggaran.

Musdes RKPDes, Kades Teromu Anggarkan Pembangunan Skala Prioritas

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Perencanaan Pembangunan Desa menyatakan bahwa Pemerintah Desa dapat mengusulkan kebutuhan pembangunan desa kepada pemerintah daerah kabupaten kota.

Sehingga pada musyawarah Pemerintah Desa (Pemdes) Teromu, Kepala Desa beserta BPD dan Tim penyusun RKP Desa bersama dengan seluruh peserta rapat mengangarkan berbagai jenis sarana fisik yang tergolong sebagai pembangunan jangka menengah sebagai pencapaian untuk pemanfaatan potensi desa secara maksimal, efisien dan efektif dalam pembangunan desa menuju desa yang maju mandiri dan sejahtera.

Kata Kades Teromu Berto Taruku Sp, bahwa semua yang masuk penganggaran, yang tercatat ke RKP Desa itu, adalah hasil musyawarah awal yang diusulkan dari masing masing dusun sehingga pada tingkat musyawarah desa (Musdes) tinggal memilih yang mana bisa disepakati bersama sesuai pokok anggaran yang ada sehingga terlampir ke dalam RKP Desa yang disusun oleh Tim.

” Yang dianggarkan ini, semua hasil musyawarah yang kami kategorikan sebagai skala prioritas, yang selanjutnya disusun oleh Tim penyusun RKP Desa ” ucap Kades berikan keterangannya pada media.

Selain itu, Kades juga sebut bahwa usulan yang disampaikan oleh masyarakat saat musyawarah merupakan sebuah aspirasi yang disampaikan ke Pemerintah Desa sehingga kegiatan pembangunan desa yang direncanakan dapat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.(RS)

Jasa Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *