Scroll untuk baca artikel
Jasa Website
INVESTASI & BISNIS

Komitmen Terapkan Energi Hijau, United Tractors Raih Penghargaan Subroto 2023 dari Kementerian ESDM

Admin Redaksi
42
×

Komitmen Terapkan Energi Hijau, United Tractors Raih Penghargaan Subroto 2023 dari Kementerian ESDM

Sebarkan artikel ini
59 / 100

NasionalismeNews.com,Bali 30 Oktober 2023 – PT United Tractors Tbk (UT) berhasil meraih penghargaan Subroto 2023 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia dengan kategori efisiensi energi sub kategori bangunan hijau. Penghargaan yang diraih ini menjadi bukti nyata komitmen Perseroan dalam menerapkan praktik terbaik lingkungan dan memfasilitasi transformasi industri bangunan yang berkelanjutan. Penyerahan penghargaan ini diterima secara langsung oleh Sara K. Loebis (Corporate Secretary UT) yang berlokasi di Ballroom Renaissance Bali Nusa Dua Resort.

Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Kementerian ESDM bagi para pemangku kepentingan yang telah berhasil melaksanakan program efisiensi energi, konservasi energi, dan penurunan emisi gas rumah kaca. Dalam hal ini, UT dinilai sebagai perusahaan yang memiliki komitmen dalam upaya mereduksi kebutuhan energi secara efisien dan menyeimbangkan antara sumber energi konvensional dengan energi terbarukan.

Head of Corporate Governance and Sustainability Division UT, Sara K. Loebis menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan kepada UT. Kedepannya, UT akan senantiasa konsisten dalam melakukan berbagai inisiatif yang mengedepankan prinsip keberlanjutan.

“Sebagai salah satu strategi korporasi dalam mengatasi pemanasan global, UT telah menerapkan prinsip sustainability dalam setiap kegiatan operasional bisnis, salah satunya seperti melakukan efisiensi energi serta penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan tetap memaksimalkan kesehatan dan kenyamanan ruang kerja. Hal ini sejalan dengan komitmen perusahaan dalam mendukung keberlanjutan bisnis perusahaan. Harapannya, inisiatif ini bisa memberikan dampak positif terhadap keberlanjutan lingkungan,” ujar Sara K. Loebis.

Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi terus mendorong pemanfaatan energi secara efisien dan bertanggung jawab melalui penggunaan energi terbarukan. Hal ini juga sekaligus mendukung pencapaian target Nationally Determined Contribution (NDC) yang berisi target penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) hingga tahun 2030.

“Pelaksanaan transisi energi semakin urgent dan perlu dipercepat, mengingat tahun ini telah terjadi fenomena ekstrem di beberapa kawasan dunia. Melalui penghargaan Subroto ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan energi dan mineral, serta mendorong untuk terciptanya inovasi baru bagi pengembangan energi bersih,” ujar Arifin Tasrif,Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral.

Dalam upaya untuk mencapai pengelolaan energi yang optimal, UT memiliki beberapa desain eksterior maupun interior yang telah menerapkan konsep ramah lingkungan dan sustainable seperti, pelataran dalam yang ditinggikan di tengah gedung 10 lantai agar menjadi oasis bagi cahaya alami dan udara segar mengalir ke seluruh area pembangunan. Ruang ini dapat menghemat energi dengan mengintegrasikan fasad panel fotovoltaik (panel surya), memasang dinding hijau, dan mendaur ulang air dengan sistem pengolahan air yang ramah lingkungan.

Selain itu, dari segi Appropriate Site Development, UT memiliki luas area hijau mencapai 10.399 m2 atau setara dengan 44% luas area yang terdiri dari lahan hijau, vertical garden, dan roof garden. Dengan area hijau yang luas di area perkantoran, UT mendorong karyawannya untuk menerapkan hidup sehat sekaligus mendukung program pengurangan penggunaan kendaraan bermotor dengan menyediakan 100 slot parkir khusus sepeda. UT juga mengusung konsep zero run off untuk mengurangi volume limpasan air hujan sehingga tidak membebani volume drainase kota.

Melalui penghargaan ini semakin mendorong UT untuk menciptakan lingkungan positif dan berkelanjutan bagi masyarakat sekitar. Karena, arti keberlanjutan bagi UT tidak hanya sekadar menyediakan produk dan layanan berkualitas, melainkan juga memberi nilai tambah bagi para pemangku kepentingan yang selaras dengan value chain, kelestarian lingkungan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara luas.

Jasa Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *