Scroll untuk baca artikel
Jasa Website
TNI-AL

Gerakan Nasional Ketahanan Pangan TA 2023, Lanal Bintan Ikuti Vicon Bersama Wakil Presiden RI

Admin Redaksi
10
×

Gerakan Nasional Ketahanan Pangan TA 2023, Lanal Bintan Ikuti Vicon Bersama Wakil Presiden RI

Sebarkan artikel ini
15 / 100

NasionalismeNews.com,TNI AL Bintan,- Komandan Pangkalan TNI AL Bintan diwakili Paspotmar Lanal Bintan Mayor Mar Yuda Bakti menghadiri kegiatan Video Converence (Vicon) Gerakan Nasional Ketahan Pangan TA. 2023 dengan mengusung tema “Ketahanan Pangan Untuk Indonesia Maju,” bertempat di Kampung Sei Jeram, Desa Lancang Kuning Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan, Rabu (01/11/2023).

Kegiatan Video Converence (Vicon) Gerakan Nasional Ketahan Pangan TA. 2023 dipimpin oleh Wakil Presiden RI Prof. Dr. ( H.C.) K.H. Ma’ruf Amin didampingi Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono terpusat di Kecamatan Wanajaya Taman Pancasila Cibitung, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden RI menjelaskan bahwa berdasarkan data Indeks Ketahanan Pangan Global atau Global Food Safety Initiative (GFSI), indeks ketahanan pangan Indonesia pada 2022 berada diangka 60,2 atau peringkat ke-63 dari 113 negara. Angka ini masih dibawah indeks rata-rata dunia sebesar 62,2 dan Asia Pasifik sebesar 63,42.

lebih lanjut disampaikan bahwa salah satu masalah yang mengancam ketahanan pangan Indonesia adalah adanya alih fungsi lahan pertanian yang mencapai 90-100 ribu hektare setiap tahun. Padahal untuk mencapai kemandirian pangan nasional pada 2024 nanti, Indonesia masih membutuhkan lahan pertanian tanaman padi seluas 12,48 juta hektare.

Oleh sebab itu, untuk menghadapi tantangan tersebut, Wakil Presiden meminta agar optimalisasi pemanfaatan lahan tidur yang tidak diusahakan terus dilakukan, khususnya untuk menjadi lahan usaha tani yang produktif.

“Saya minta seluruh anggota TNI punya naluri terkait ini, punya kesadaran dan kepekaan terkait ini karena urusan pangan adalah urusan perut, sangat penting dan penentu stabilitas bangsa,” kata Ma’ruf.

Pada kesempatan tersebut, Danlanal Bintan yang diwakili Paspotmar Lanal Bintan menjelaskan bahwa Lanal Bintan harus turut andil dan terlibat dalam mensukseskan program pemerintah khususnya TNI dalam pelaksanaan ketahanan pangan, dalam hal ini Lanal Bintan bersama dengan Kelompok Tani Desa Sei Jeram Lancang Kuning Kecamatan Bintan Utara memanfaatkan lahan lahan tidur di Kampung Sei Jeram Desa Lancang Kuning Tanjunguban Kecamatan Bintan Utara Kabupaten Bintan untuk dimanfaatkan sebagai Pertanian Jagung.

“Kedepan diharapkan mampu memberi dampak positif kepada Petani lainnya. Untuk itu, Lanal Bintan mengajak para Petani untuk bekerjasama dan bersama-sama mengembangkan potensi-potensi yang ada untuk perluasan lahan pertanian,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut hadiri, Danlanal Bintan diwakilkan oleh Mayor Mar Yuda Bakti, Pasops Lanal Bintan Mayor Laut (P) Eko Adi Susanto, Dansatrad diwakilkan oleh Kasimatud Letda Lek Joko Subagiyo, Kapolres Bintan diwakilkan oleh Aipda Azizi, Koramil Binut Kapten Pnb Dede Tri H., Komandan Pos Berakit Kapten Laut (E) Abdul Arifin, Kafasharkan Mentigi diwakilkan oleh Lettu Laut (P) Alii Imran, Komandan Pos Senggarang Lettu Laut ( P) Widiyanadi, Kejari Bintan diwakilkan oleh Daniel, S.H., BSIP Kepri, Sekcam Bintan Utara Helmy Setiawati, S.E., Tata Usaha Sahrul Hadi Nasution S.P., Sub koordinator KSPP Catur Prasetyo, S.P., S.ST., Ketua Kelompok Fungsional Apriyani Hidayat, S.pt., M.pt.

(Pen Lanal Bintan)

Jasa Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *