Scroll untuk baca artikel
Jasa Website
TNI-AL

DANLANTAMAL III JAKARTA RESMI MEMBUKA LATIHAN OPSHANTAI TA 2023

Admin Redaksi
14
×

DANLANTAMAL III JAKARTA RESMI MEMBUKA LATIHAN OPSHANTAI TA 2023

Sebarkan artikel ini
16 / 100

NasionalismeNews.com,TNI AL-Dispenlantamal3. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. selaku Wakil Direktur Latihan (Wadirlat) Opshantai mewakili Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksda TNI Achmad Wibisono, S.E., CHRMP. selaku Direktur Latihan (Dirlat) Opshantai membuka latihan operasi pertahanan pantai (Opshantai) TA 2023 di wilayah kerja Lantamal III Jakarta bertempat di Gedung Serbaguna (GSG) Mako Lantamal III Jakarta Jl. Gunung Sahari No. 2 Ancol, Jakarta Utara, Kamis (19/10/2023).

Pangkoarmada I dalam briefing awal latihan Opshantai TA 2023 yang dibacakan Danlantamal III Jakarta mengatakan “Penyelenggaraan latihan kali ini bertemakan “Koarmada I Melaksanakan Operasi Pertahanan Pantai di Wilayah Barat Indonesia Guna Menghadapi dan Menggagalkan Serbuan Amfibi Musuh dalam rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”. Kita ketahui bersama bahwa operasi pertahanan pantai merupakan salah satu operasi gabungan yang bertujuan untuk mencegah, menahan dan menghancurkan pendaratan pasukan musuh. Melalui latihan operasi pertahanan pantai, Koarmada I dituntut untuk siap siaga dan mampu menghadapi berbagai bentuk ancaman dan gangguan yang akan terjadi di wilayah perairan yurisdiksi nasional melalui kemampuan melaksanakan pertahanan pantai”.

Selanjutnya Pangkoarmada I menjelaskan “Tujuan latihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme unsur pimpinan dan staf komando tugas gabungan dalam proses pengambilan keputusan pada pelaksanaan operasi pertahanan pantai. Sasaran latihan yang ingin dicapai adalah peserta latihan mampu dan menguasai dalam pelaksanaan proses pengambilan keputusan militer (PPKM); menguasai mekanisme penyelenggaraan operasi pertahanan pantai mulai dari tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan dan pengakhiran; menguasai dan mahir dalam menggelar serta melaksanakan prosedur komunikasi taktis (Proskomtis) dengan baik antara unsur manuver di laut, udara dan kekuatan inti pasukan di darat; mampu dan menguasai prosedur serta mekanisme dalam menggagalkan operasi pendaratan musuh dan memberikan perlindungan pantai sendiri terhadap ancaman musuh”.

Sebelum mengakhiri pengarahannya Pangkoarmada I menekankan “Kepada seluruh peserta latihan, saya berharap agar melaksanakan latihan ini dengan penuh kesungguhan, disiplin dan tanggung jawab sehingga tujuan serta sasaran latihan yang sudah ditetapkan dapat tercapai”.

(Dispen Lantamal III Jakarta)

#tnial #lantamal3 #angkatanlaut #tnijaya

Jasa Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *