Scroll untuk baca artikel
Jasa Website
UMUM

CONTINUUM: PAMERAN INTERDISIPLIN YANG MENGELABORASI GAGASAN KEBERLANJUTAN

Admin Redaksi
60
×

CONTINUUM: PAMERAN INTERDISIPLIN YANG MENGELABORASI GAGASAN KEBERLANJUTAN

Sebarkan artikel ini
11 / 100

NasionalismeNews.com,Jakarta 24 Oktober 2023 – Proses kreasi serta ragam apresiasi di dunia seni kontemporer saat ini menjadi proyeksi kekayaan presentasi sekaligus olah artistik dalam bidang seni dan industri kreatif secara umum. Hal tersebut menjadi fokus Murai Art Projects dalam menggagas pameran dan proyek-proyek kesenian. “Seperti ciri khas Murai Art Projects itu sendiri, kami selalu memberikan atau menampilkan suatu kolaborasi antara ilmu seru dengan ilmu disiplin lainnya dan kali ini kami berkolaborasi dengan TEKA Parguet Indonesia, seniman dan juga arsitek.” tutur Ari Sanjaya, Founder and Director Murai Art Projects, yang berdiri sejak tahun 2021.

Melalui pameran seni kolektif bertajuk “Continuum” Murai Art Projects bekerjasama dengan TEKA, perusahaan produsen lantai kayu. Continuum merupakan pameran seni yang menekankan aspek kolaborasi interdisiplin. Mulai dari presentasi lukisan, patung, hingga instalasi, perhelatan “Continuum” menghadirkan karya-karya imterd Siplner yang mengacu pada gagasan terkait keberlanjutan. Continuum menjadi representasi siklus kreativitas tanpa akhir dalam berbagai medium kreasi yang bersimpul pada nilai-nilai keberlanjutan.

Dikuraton oleh Bob Edrian, pameran yang diselenggarakan di Showroom TEKA, Alam Sutera, mulai tanggal 24 Oktober hingga 1 November 2023 ini, menghadirkan presentasi artistik dari 9 seniman dan 1 orang arsitek: Joko Amanto, TuTu’s: Jemana Murti: Maharani Mancanagara: Yori Antar: Agnes Hansella: Jessica Soekidi: Nurrachmat Widyasena, Wildan Indra Sugara: dan Wayan Karja. Kesepuluh partisipan tersebut diundang untuk menggali gagasan yang berkaitan dengan pemanfaatan material limbah untuk ditampilkan secara artistik. Empat dani keseluruhan partisipan, dalam hal ini Joko Avianto, TuTu’s, Jemana Murti, dan Maharani Mancanegara, memperoleh kesempatan untuk merespons secara langsung material TEKA dan mengintegrasikannya ke dalam karya seni rupa tanpa mengurangi esensi identitas karya masing-masing.

“Para seniman tersebut mengolah material produk waste, sisa pabrik, bahan veneer atau bagian-bagian parguet-nya, yang dirangkai dan diintegrasikan ke dalam karya seni rupa. Karya seni yang merespon dari matenal TEKA ini juga dapat diapresiasi dan dikoleksi oleh para pecinta seni rupa. Kami melihatnya karya-karya Im dapat menjadi prototype untuk karya-karya yang menggunakan bahan-bahan sejenis,” tutur Yudi Wanandi, Co-Founder and Director Murai Art Projects.

Selam rangkaian karya seni dalam format lukisan, patung, dan instalasi, TEKA juga menghadirkan presentasi lini terbaru produk TEKA, yaitu seri Vorkraft. Sebuah seri mutakhir dari olahan material kayu yang istimewa dan berkuai tas tinggi. Vorkraft dirancang dengan karakteristik serat kayu yang distingtif.

“Konsep Continuum yang berkelanjutan, sangat berkaitan erat dengan filosofi TEKA untuk mendukung Sustamniabiliiy rrerupakan tema yang sejalan dengan value TEKA, apalagi nilai-nilai tersebut juga didukung oleh seruman dengan reputasi karya yang diakut. Menariknya, para seniman juga berani mengambil tantangan bagamana mengkreasikan produk TEKA menjadi sebuah karya seni rupa, berdasarkan karakter dan identitas Gesam para seruman Bersamaan dengan pameran seni ini, TEKA juga meluncurkan premium collection terbaru kamu di mana koleksi im diharapkan dapat menjadi terobosan dunia building material Koleksi yang baru ini tentunya lebih eksklusi, lebih punya value, dan tentunya bernilai seni tinggi” tutur Ibu Juliang Rika, National Head Sales TEKA Parguet

Pameran ini di harapkan dapat menggugah dan meningkatkan kesadaran terhadap tanggung jawab individu pada lingkungan dan bagaimana mengimplementasikan nilai keberlanjutan dalam kehidupan sehan-han Pameran seri memiliki kekuatan untuk memicu ragam bentuk kesadaran terkart isu keberianjutan melalui presentasi yang kreatif, menarik, dan artistik. Pameran Continuum juga dapat dimaknai sebagai ruang dialog yang mempertemukan ragam disiplin ilmu dalam lingkup industri kreatif di Indonesia.

Tentang Murai Art Projects

Murai Art Projects lahir untuk memenuhi permintaan karya seni kolaboratif, eksperimental dan interdisiplin Berdiri sejak tahun 2021, Murai Art Projects fokus menghadirkan karya seni kontemporer, dan menggelar pameran seni pertama kalinya pada tahun 2022. Pameran perdana tersebut, menghadirkan karya dua seniman yaitu Naufal Abshar dan Bunga Yuridespita yang karya-karya nya menunjukkan kesinambungan dengan Ku Casa yang merupakan salah satu pendukung pameran ini. Selain itu, pameran ini juga berkolaborasi dengan Laurence Howell, desainer Australia yang berbasis di Singapura yang karya nya telah dikenal luas di dunia Internasional.

Tentang TEKA

PT. Tanjung Kreasi Parguet Industry adalah produsen lantai kayu yang didirikan pada tahun 1994 di Indonesia, dan merupakan bagian dari DSN Group, sebuah perusahaan publik yang terdaftar pada tahun 2013. Perusahaan ini mengkhususkan diri dalam produksi Engineered Wood Flooring (Lantai Kayu Rekayasa) yang telah dikenal sebagai Merek TEKA. Pabrik berlokasi di Temanggung Jawa Tengah, di atas lahan seluas 17 hektar. Perusahaan ini dikenal sebagai produsen Engineered Wood Flooring (Lantai Kayu Rekayasa) dengan berbagai macam produk yang dipasarkan secara global. Produk TEKA telah didistribusikan ke lebih dari 40 negara di Eropa, Amerika Serikat, Kanada, Australia, Jepang, Korea Selatan, Cina, dan Asia Tenggara termasuk pasar domestik. Untuk mendukung permintaan yang berkembang pesat, TEKA selalu mengembangkan produk sesuai dengan perkembangan teknologi baru, juga untuk meningkatkan kualitas dan performa produk, untuk memenuhi kepuasan pelanggan.

Tentang Vorkraft

Vorkraft adalah lini produk eksklusif dari TEKA yang dibuat dari kayu gelondongan yang cukup besar dan sulit ditemukan. TEKA menciptakan Vorkraft untuk mewakili karakter kayu yang kuat dan berbeda serta penyediaan kayu kelas utama yang memastikan standar tertinggi. Tersedia dalam konstruksi terbaru, ukuran papan yang lebih besar, menekankan kegunaan produk dan tentu saja, keindahan alam yang sesungguhnya. Vorkraft menghadirkan keajaiban inovasi modern dengan kemegahan alam memposisikan Vorkraft sebagai produk engineered flooring indonesia berkualitas tinggi, yang dikelola oleh perusahaan yang berpengalaman dan bertujuan untuk menyediakan tidak hanya kualitas unggul untuk pelanggan menengah ke atas tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kehidupan masyarakat, baik secara pribadi maupun lingkungan.

Jasa Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *