Scroll untuk baca artikel
Jasa Website
INVESTASI & BISNIS

Begini Profil & Jatuh Bangun Rugged Company dalam merintis Bisnis Fashion

Admin Redaksi
44
×

Begini Profil & Jatuh Bangun Rugged Company dalam merintis Bisnis Fashion

Sebarkan artikel ini
51 / 100

NasionalismeNews.com, Jakarta – Meskipun inovasi teknologi telah merevolusi dunia kita, pada praktiknya teknik kuno tradisional mempunyai kemampuan nyata untuk melakukan hal yang sama. Tekstil buatan tangan, dipadukan dengan teknologi modern, dapat menciptakan industri fashion yang tak terhentikan selamanya. Pakaian dan tekstil buatan pengrajin mengingatkan kita untuk menghargai pakaian kita, belajar dari masa lalu, dan secara tulus terhubung dengan budaya di luar budaya kita sendiri.

Rugged_company salah satu product local yang bersinergi dengan artisan yang peduli terhadap slow fashion yang bertujuan untuk menghasilkan produk yang memiliki ketahanan dan sentuhan seni tangan Tanzil Murdha, Owner Rugged_company menjelaskan tertarik bisnis rugged karena dipengaruhi oleh beberapa faktor produk di era sekarang yang tidak memliki karakter dan ketahanan, serta dibangun oleh kesadaran terhadap limbah industri fashion yang semakin merusak lingkungan.

“Pertama kali kami memulai dari tahun 2015 saat pertama selesai study, dengan mencari pengalaman dengan menjual produk-produk import yang sampai saat ini masih kami jalankan, dibawah J3 company (@redwingJ3) , rugged_company dimulai dari komunitas pencinta gaya rugged style dan pada awal 2022 kami beranjak dengan 4 formasi dengan latar belakang yang berbeda dan awal 2023 setelah diproduksi satu persatu kami menjual di lokal dan internasional, ” Kata Tanzil.


Rugged_company terlahir di ibu kota jakarta tepatnya di Condet Jakarta Timur, berawal
Kenapa tertarik dengan bisnis ini, Tanzil bercerita kepada awak media yang hadir, latar belakang Rugged Company memulai bisnis artisan ini dari di latarbelakangi dari cara bergaya style pakaian yang gentleman dengan menampilkan karakteristik serta ketahanan sejatinya seorang pria sejati, lanjutnya.

Sementara signature yang menjadi ciri khas dari produk Rugged Company di sesuaikan saat owner masih berstatus mahasiswa.
“Di masa kuliah dulu, hobiku adventure dan bertualang menggunakan motor membawa inspirasi besar. Sering kali, saya merasakan kebutuhan akan pakaian yang tahan lama untuk dapat menyimpan memori setiap perjalanan hidup. Bersama sahabat, kami mulai membuat produk untuk keperluan pribadi. Pada awal tahun 2023, ide ini berkembang menjadi Rugged Company, sebuah brand yang kami bangun dengan kalcer dan seni dari beberapa artisan.” Ungkap Tanzil.

Soal harga tidak perlu khawatir, seluruh produk bisa dijangkau oleh pelanggan dengan kisaran bervariasi tergantung pada produk, kalau Accesoris range 1- 3 jt, kalau untuk item sepatu jacket dimulai dari 3 -15 jutaan tergantung material request customer, setiap customer akan memiliki variant yang selalu berbeda.

Tanzil juga meyakinkan Pelanggan yang ingin melakukan order kami menerima melalui media online dan offline, setiap customer dapat melakukan diskusi produk yang akan dibuat, serta diarahkan dengan informasi setiap material yang digunakan agar sesuai dengan kebutuhan customer. melalui offline kami akan melakukan pengukuran secara manual agar ukuran serta fit yang dirasakan bener-bener sesuai dengan bagian tubuh customer.
“Jadi kami menjamin jika order lewat online semua kebutuhan pelanggan akan kami akomodir sesuai dengan kebutuhannya, dan bisa di order lewat online melalui media isntagram atau Marketplace @rugged_company “jelasnya.

Sementara untuk Toko offline kita sudah buka Homestore bisa opoinment dulu sebelum kedatangan, dan kalau mau pesan bisa datang offline langsung ke jalan Mht No.14 RT.4 RW 03 Condet kec kramat jati Jakarta timur ada neon box redwing j3 ( digoogle maps REDWING J3).

Dan total toko yang kami miliki baru satu dijakarta, karena sekarang kami masih berfokus pada pengembangan produk saja, semoga kedepan kami akan semakin membuka peluang-peluang yang ada.

Selanjutnya pihak Rugged_Company menanggapi pebisnis-pebisnis yang sejenis, dan yang membedakan produknya dengan pesaing.

” Kalau dari Team kami melihat brand lain yang sejenis sepertinya saat ini di Indonesia belum memiliki kesamaan, karena keunggulan kami setiap produk hanya diproduksi satu kali untuk setiap item dalam pengertian bahwa produk hanya diproses hanya untuk 1 customer dan proses kami juga pure menggunakan tangan seniman Indonesia serta seleksi material yang diperoleh sangat terbatas dan menggunakan dari banyak material 80s, atau material vintage, ” Kata Tanzil tegas.

Rugged_Company saat ini memiliki total koleksinya, saat ini kami sudah memiliki 7 item yang sudah berjalan sampai saat ini seperti, Belt, insole, Topi, Brecelet, jacket, Boots dan sneaker setiap item memiliki perbedaan dan ciri khas karena diproses dengan handmade dan tidak dapat berpola sama sehingga konsumen memiliki kebangaan terhadap item yang digunakan.

Bukan hanya satu atau dua selebriti saja, tapi seiring berjalannya waktu daftar selebriti yang menjadi pelanggan produk artisan dari Rugged_Company juga semakin bertambah.

Berikut publik figur baik pejabat, artis ataupun influenser yang sudah berkunjung ke store kami antara lain, Iwan fals, Olla ramlan, David Noah, David Naif, Fadli Padi, keponakan Presiden RI ( Joko spri1) Stevi Item, Pak Bambang ( Pangdam Papua ), Rio Septianda Jambak ( Kapolda Aceh), adji Pangestu, adilla dimitri dan Team Hell Driver HDCI.

Tanzil juga merencanakan untuk tahun 2024 Rugged_Company akan mengusung model yang berkonsep 60s Street Motorcycle bersama Team Hell Driver (HDCI).

“Ditahun 2024 ini kami sedang melakukan development products yang berkonsep 60s street Motorcycle yang berbahan material leather full-grain Kuda Lokal yang akan diproses menjadi 4 item, Bag, wallet, leather jacket dan sepatu jugle shoes, “ujarnya.

Harapan kedepannya, “kami kedepannya meminta setiap UMKM mulai sadar dan peduli terhadap lingkungan tidak hanya melulu berbicara terhadap Profit, karena kami yakin dengan kesadaran kita dalam menjaga lingkungan, maka kita akan mendapatkan feedback lebih besar lagi, ” Pungkasnya.

Jasa Website

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *