Masa Jabatan Budiman Sebagai Bupati Lutim Berakhir Februari 2025

NasionalismeNews.Com- Luwu Timur_ Malili- Masa jabatan bupati dan wakil bupati Luwu Timur periode 2021-2026 dipastikan hanya sampai pemenang Pilkada 2024 dilantik. Pemangkasan periode ini karena pemerintah memutuskan menggelar pilkada serentak tahun ini.

Dengan demikian, masa jabatan Budiman Hakim dan Akbar Andi Laluasa bukan lima tahun (sampai 2026), melainkan hanya sampai Februari 2025.

Sebelumnya, beredar isu di kalangan masyarakat bahwa Budiman Hakim akan tetap jadi Bupati Luwu Timur hingga 2026 mendatang. Mengacu pada periode masa jabatan pemenang Pilkada 2020 lalu.

Menanggapi isu tersebut, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Luwu Timur, Irfan Lahabu, menjelaskan masa jabatan kepala daerah Luwu Timur periode 2021-2026 berakhir hingga pelantikan pemenang Pilkada 2024.

Pelantikan bupati dan wakil bupati hasil Pilkada 2024 sendiri diagendakan pada 10 Februari 2025.

Hal tersebut diungkapkan oleh Irfan Lahabu saat di hubungi melalui via pesan WhatsApp, Sabtu (12/10/24).

Menurut Irfan, pelantikan tersebut dijadwalkan 30 hari setelah penetapan resmi hasil Pilkada oleh KPU.

“Pelantikan dijadwalkan pada 10 Februari, 30 hari setelah penetapan yang dilakukan oleh KPU. Namun, jadwal ini bisa berubah jika ada sengketa hasil Pilkada,” ujar Irfan.

Lebih lanjut, Irfan menjelaskan jika terjadi sengketa dan harus menunggu putusan dari Mahkamah Konstitusi (MK), KPU diberikan waktu maksimal lima hari setelah keputusan MK untuk melakukan penetapan.
Setelah penetapan, pelantikan serentak akan dilaksanakan 30 hari kerja setelahnya.

Ketentuan ini merujuk pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 80 Tahun 2024, yang merupakan perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pelantikan Gubernur, Bupati, dan Walikota.

Aturan tersebut diperkuat dengan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 18/PUU-XX/2022, menyatakan bahwa undang-undang telah mengantisipasi secara jelas terhadap pihak yang terkena dampak pengurangan masa jabatan kepala daerah dengan pemberian kompensasi.

Atas hal ini, jauh sebelum penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024, kepala daerah yang terkurangi masa jabatannya telah diatur dalam Pasal 202 ayat (4) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Menjadi Undang-Undang (UU 1/2015).

Bentuk kompensasi yang akan diperoleh oleh kepala daerah pada 2018 lalu berupa uang sebesar gaji pokok dikalikan jumlah bulan yang tersisa serta mendapatkan hak pensiun untuk satu periode.

Selanjutnya untuk penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 ini, kompensasi yang diterima oleh kepala daerah dan wakil kepala daerah yang berkurang masa jabatannya mengikuti ketentuan Pasal 202 UU 8/2015.

Ketentuan itu menyatakan, Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota yang tidak sampai satu periode akibat ketentuan Pasal 201 diberi kompensasi uang sebesar gaji pokok dikalikan jumlah bulan yang tersisa serta mendapatkan hak pensiun untuk satu periode.***

Hidayat Luwu timur

Next Post

Peresmian Istana Negara: Tonggak Baru untuk Ibu Kota Nusantara dan Masa Depan Indonesia

Mon Oct 14 , 2024
NasionalismeNews.com, Ibu Kota Nusantara (IKN) – Pada 11 Oktober 2024 Presiden Joko Widodo meresmikan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN). Acara dimulai dengan penyerahan sertifikat tanah oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang, Agus Harimurti, kepada Menteri Sekretaris Negara, Pratikno. Momen ini menjadi tanda penting dalam transisi menuju pusat pemerintahan […]

Lihat Juga

Chief Editor

Johny Watshon

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur

Quick Links