Koordinator Nasional Forum Bersama IKN Muliandy Nasution: Arsitek Keuangan Indonesia yang Mengubah Lanskap Ekonomi

NasionalismeNews.com – Sosok pionir di dunia keuangan Indonesia, Ir. Muliandy Nasution, M.H., M.M., MBA., CPM., IPM., ASEAN ENG, dengan pengalaman lebih dari dua dekade di perusahaan multinasional. Dikenal sebagai Direktur termuda di General Electric, Muliandy menunjukkan dedikasi dan kemampuan luar biasa dalam menghadapi tantangan finansial yang kompleks. Ia mengintegrasikan teori keuangan dengan praktik terbaik global, menciptakan pendekatan inovatif dalam solusi finansial. Kontribusinya sebagai konsultan keuangan untuk proyek strategis nasional, terutama dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan ekonomi sebagai anggota Tim Ekonomi Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, sangat signifikan bagi masa depan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan.

Sebagai salah satu insinyur keuangan pertama di Indonesia dengan spesialisasi dalam rekonstruksi keuangan, Muliandy aktif di berbagai organisasi internasional dan nasional. Ia menjabat sebagai National President JCI Indonesia 2021, Ketua Umum Badan Pengusaha Pemuda Pancasila, Ketua Bidang BPP 10 HIPMI, dan Direktur Eksekutif BKTI PII. Jaringan luas yang dimilikinya mendukung sinergi untuk inovasi dan perubahan positif.

Peran di Forum Bersama IKN

Dalam perannya di Forum Bersama IKN, Ir. Muliandy Nasution mengkoordinasikan 36 bidang kegiatan di seluruh provinsi, termasuk:

1. Sumber Daya Manusia.
2. Hukum.
3. Perencanaan, Organisasi dan Tatalaksana.
4. Umum.
5. Perencanaan Makro dan Analisis Statistik.
6. Keuangan Negara dan Analisis Moneter.
7. Jasa Keuangan dan BUMN.
8. Perdagangan, Investasi dan Kerjasama Ekonomi Internasional
9. Industri, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif.
10. Tata Ruang, Pertanahan, dan Penanggulangan Bencana.
11. Pembangunan Daerah.
12. Pangan dan Pertanian.
13. Kehutanan dan Konservasi Sumber Daya Air.
14. Kelautan dan Perikanan.
15. Sumber Daya Energi, Mineral, dan Pertambangan.
16. Lingkungan Hidup.
17. Kependudukan dan Jaminan Sosial.
18. Ketenaga Kerjaan.
19. Penanggulangan Kemiskinan, dan Pemberdayaan Masyarakat.
20. Pengembangan UMKM dan Koperasi.
21. Kesehatan Gizi Masyarakat.
22. Agama, Pendidikan, dan Kebudayaan.
23. Pendidikan Tinggi dan IPTEK.
24. Keluarga, Perempuan, Anak dan Olah Raga.
25. Sumber Daya Air.
26. Transportasi.
27. Ketenaga Listrikan, Telekomunikasi, dan Informatika.
28. Perencanaan Pembangunan dan Proyek Infrastruktur.
29. Perumahan dan Kawasan Pemukiman.
30. Politik dan Komunikasi.
31. Aparatur Negara dan Transparasi Birokasi.
32. Hukum dan Regulasi.
33. Politik Luar Negeri dan Kerjasama Pembangunan Nasional.
34. Pertahanan dan Keamanan.
35. Pendanaan Pembangunan
36. Sistem Prosedur Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan.

Tugas ini memerlukan pemahaman mendalam tentang konteks lokal serta kemampuan untuk menjembatani kepentingan berbagai pihak. Keahlian Muliandy dalam manajemen proyek dan rekonstruksi keuangan memungkinkan pengoptimalan sumber daya serta kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta. Ia bukan hanya seorang profesional, tetapi juga pemimpin yang berpikir di luar batasan tradisional. Fokusnya pada solusi inovatif menjadi kunci dalam mengatasi tantangan ekonomi global yang terus berubah.

Sejalan dengan itu, Dr. Ariasa Hadibroto Supit, M.Si., sebagai Ketua Umum Forum Bersama IKN, mengundang semua anak bangsa talenta yang memiliki bakat di 36 bidang tersebut untuk memberikan pengabdian demi masa depan Indonesia, yaitu IKN. Diharapkan semua anak muda yang memiliki keterampilan di seluruh Indonesia dapat berkontribusi melalui forum ini, serta mengajak Jaringan Diaspora Indonesia di seluruh dunia untuk memberikan sumbangsih pemikiran, gagasan, dan diskusi demi mencapai Indonesia Emas 2045.

 

Lihat Juga

Chief Editor

Johny Watshon

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur

Quick Links